Kapan Baiknya sikecil Mulai Bersekolah?

Kapan Baiknya Sikecil Mulai Bersekolah?



Syafa kini usianya 3tahun 10 bulan. Saat berpapasan dengan orang yang saya kenal, pasti beberapa mulai menanyakan apakah Syafa sudah bersekolah?

Seringnya sih saya menjawab dengan senyum sambil menatap Syafa. Dan beberapa kali juga saya jawab " nanti saat ia siap".


Kapan anak dikatakan siap untuk bersekolah? Karna dimasa sekarang sudah banyak PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini), Bimba maupun Playgroup yang menerima anak didik mulai dari usia 2 tahun.

Banyak yang menyarankan untuk Syafa mengikuti Playgroup agar ia dapat bermain dan bertemu banyak teman baru atau sekedar mempunyai kegiatan di pagi hari.

Bukan tidak mau. Hanya saja kembali kepada kesiapan si anak. Apakah ia sudah bisa mengikuti rangkaian kegiatan disana? Apakah sudah melalui fase toilet trainning? Apakah secara emosional ia sudah siap?

Karena lucu rasanya jika kita memberi amanah kepada seseorang untuk mendidik anak kita. Tetapi sebagai orang tua kita tidak melaksanakan kewajiban kita.

Tunggulah sampai sikecil bisa mengatakan ingin BAK dan BAB ditoilet agar nantinya tidak merepotkan pendidik.

Dan mulailah mengajari sikecil mengelola emosinya agar saat bersekolah ia tidak merasa minder, maupun merengek ingin pulang. Karena biasanya anak diusia 2tahunan masih terkonsentrasi pada diri sendiri sehingga masih sulit berkomunikasi dengan orang lain.

Mulailah mengajari sikecil mengikuti jadwal maupun kegiatan yang terstruktur agar nantinya ia dapat mengikuti jadwal disekolahnya.

Dan ketika sikecil mulai meminta untuk sekolah mungkin ketika melihat teman- temannya bersekolah, maka kota dapat menerapkan beberapa hal diatas agar secara fisik dan psikis ia siap bersekolah.

Jika ia belum juga bersekolah, bukan berarti kita bisa santai untuk melalaikan kewajiban kita mengajari sikecil mengenal huruf dan angka.

Dan kita jugalah yang turut mempersiapk sikecil agar siap untuk bersekolah.

Karna yang benar- benar mengenal sikecil adalah kita, orangtuanya sendiri. Maka kenalilah kesiapan sikecil bersekolah. Agar ia tidak merasa lebih dulu 'lelah' sebelum terjun ke dunia sekolah sebenarnya.




Semoga bermanfaat.

Jangan lupa selalu berikan yang terbaik untuk sikecil seperti asupan nutrisi setiap harinya dari susu SGM Eksplor minimal 2x sehari.


Salam sayang
Julyanidar
#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer