Kapan Baiknya Sikecil Mulai Belajar?





Apa kegiatan mak-emak dan sikecil hari ini?

Syafa belajar huruf. Walau yang masih bisa disebut huruf A.

Belajar juga tidak melulu harus dalam suasana tegang dan serius ya mak. Secara anak balita masih banyak mainnya. Maka yang kita ikuti adalah cara bermain sambil belajar. 

Misal menirukan film kartun kesayangannya saat belajar, Bermain guru dan murid serta sambil bernyanyi riang.

Lalu kapan sikecil mulai dikenalkan huruf alphabet dan angka?

Menurut beberapa ahli. Sikecil mulai bisa diajak berkenalan dengan huruf dan angka ketika ia mulai tertarik untuk belajar.

Dengan kata lain. Bukan kita sebagai orang tua yang memaksa anak untuk memahami bahwa alphabet terdiri dari sekian huruf. Angka 1 dan 2 bentuknya begini dan bla bla bla.

Itu sebabnya ketika sikecil masuk dalam kelompok bermain, hal yang sering dilakukan adalah mengeksplor diri seperti mewarnai, menggunting dan menempelkan gambar.

Kegiatan menyenangkan inilah yang akan memberi pemaparan secara tidak langsung pada sikecil. 

Jika berada dirumah kita dapat mulai mengenalkannya dengan kalimat seperti : "Ayo bantu mama memegang dua apel ini." Sembari kita menunjukan bahwa ada 2 buah apel yang kita pegang.

Tidak perlu khawatir, seiring waktu daya fikir sikecil juga akan makin berkembang dan sikecil akan memahami pelajaran kecil dirumah dan juga disekolah.

Perlu diingat. Kita tidak perlu membandingkan daya tangkap anak kita dengan yang lainnya.karna sudah pasti berbeda responnya.

Ketika sikecil sedikit lebih lambat bukan berarti ia akan selalu tertinggal. 

Sebagai orang tua kita harus selalu mendukung dan memberi pemahaman bahwa ia akan bisa melakukannya dan pastinya kita juga sebagai orang tua turut sabar dalam membimbing sikecil.

Bukan berarti kita juga mengabaikan kebutuhan nutrisi sikecil sebagai pendukung kinerja daya fikirnya.

Selalu berikan yang terbaik kepada sikecil seperti makanan yang mengandung minyak ikan, Omega 3 dan 6 serta nutrisi penting lainnya.

Jangan lupa tetap berikan nutrisi harian dari susu SGM Eksplor ya...

Aku Anak SGM
#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju

Komentar

Postingan Populer