Tips bagi anak agar tidur tepat waktu.

Tips bagi anak agar tidur tepat waktu.


Ada beberapa alasan mengapa seorang anak sulit tidur. Bisa karena faktor ruang yang tidak nyaman, aktivitas yang tidak teratur, merasa takut, hingga karena  stres. 
Anda sebagai orangtua, coba deh untuk melakukan upaya yang bisa merangsang ‘si buah hati’ agar tidur tepat waktu. 
•Tetapkan waktu tidur individual
Anak usia sekolah membutuhkan durasi tidur malam selama 9 atau 12 jam. Namun, sebenarnya pola tidur pada anak pun bervariasi, sesuai kebutuhannya. Kendati begitu, pola tidur pada anak nyaris tidak ada perubahan.
Anda bisa memerhatikan kebutuhan tidur anak dengan menerapkan pola yang umum, yakni selama 9 jam. Kemudian, perhatikan saat pagi harinya, apakah anak Anda akan terlihat segar atau malah terlihat lemas dan mengantuk?
Setelah Anda tahu durasi tidur yang dibutuhkan anak, maka tetapkan waktu sebagai waktu tidur khusus bagi sang anak.
•Menetapkan waktu bangun
Jika Anda sudah mengetahui durasi tidur anak, langkah selanjutnya adalah menetapkan waktu bangun. Sebisa mungkin untuk tidak memberikan waktu lebih untuk bangun pagi hari. Sebab, waktu tidur yang yang berlebih, akan membuat tubuh anak merasa lelah.
•Buatlah kebiasaan baik sebelum tidur
Sebelum tidur, alangkah baiknya jika orangtua membiasakan kegiatan yang baik. Misalnya, dengan bercerita atau mendongengkan cerita. Buat suasana menjadi santai dan menghibur. Rutinitas ini bisa membuat anak Anda mengantuk lebih cepat.
•Matikan TV setidaknya dua jam sebelum tidur
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya dari layar televisi (atau monitor komputer) dapat mengganggu produksi hormon melatonin. Melatonin adalah bagian penting dari siklus tidur-bangun.
Ketika tingkat melatonin berada pada tingkat tertinggi, kebanyakan orang mengantuk dan siap untuk tidur. Jika setengah jam dari waktu tidur, anak Anda menonton televisi, maka besar kemungkinan akan mengacaukan melatonin. Sehingga, anak Anda akan terus terjaga.
•Mengurangi stres sebelum tidur
Selain melatonin, hormon lain yang berperan untuk mendukung tidur adalah kortisol. Hormon ini juga dikenal sebagai “hormon stres.
•Ciptakan lingkungan tidur senyaman mungkin
Salah satu cara agar anak Anda bisa tidur lebih cepat adalah dukungan dari lingkungan yang nyaman dan teratur. Caranya bisa dimulai dari tempat tidur mereka. Terlalu banyak boneka atau mainan ternyata malah bisa bikin anak-anak sulit untuk tidur.
Jauh dari itu, sebaiknya pasanglah gambar-gambar yang lembut dengan pemilihan warna yang tenang namun tetap sedikit gelap. Sehingga, anak-anak bisa membedakan antara siang dan malam dan mereka akan lebih mudah untuk tertidur.
•Jaga tetap dingin
Siklus tidur anak tidak hanya tergantung pada cahaya saja, melainkan juga dipengaruhi oleh suhu kamar. Sama seperti orang dewasa, jika ruangan terlalu panas, Anda pun akan merasa tidak nyaman, dan terbangun bukan? Anak-anak pun demikian.
Salah satu cara adalah menjaga suku eksternal dengan menggunakan kipas angin, exhaust, atau AC.

•Kurangi fokus pada tidur
Selain hormon, pengaruh fokus pada otak juga sangat berpengaruh, bisa membuat anak-anak jadi mengantuk. Jadi, Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk memfokuskan pikiran untuk segera tidur.
Jangan lupa selalu berikan susu SGM eksplor setiap harinya agar nutrisi anak tetap terpenuhi.

#SGMEksplor
#GeneraskMaju
#MombassadorSGM Eksplor

Komentar

Postingan Populer