Pentingnya Memeluk Sikecil

Pentingnya Memeluk Sikecil





Sikecil suka dipeluk?

Pelukan memiliki banyak arti bagi sikecil. Selain memberi kehangatan juga memberi kenyamanan baginya. Selain itu pelukan juga menandakan kasih sayang dan perlindungan.

Jangan menganggap remeh pelukan ya mak emak.

Jadi teringat sewaktu kecil. Kalau sedang turun hujan dan petir bersahut- sahutan hal yang diinginkan adalah pelukan dari emak dan abah. Serasa tenang, nyaman dan terlindungi.

Begitu juga sikecil. Tempat mengadu dan mengeluh adalah orang tua. Dengan adanya pelukan maka anak merasa orang tua melindungi dan menjaganya selalu.

Selain itu beberapa manfaat pelukan untuk sikecil adalah:

• Menghindari stres pada anak
Manfaat penting lainnya dari memeluk anak adalah produksi hormon endorfin dalam tubuh. Hormon inilah yang berfungsi untuk mengurangi ketegangan saraf dan juga tekanan darah. anak yang lebih sering mendapatkan pelukan dari orang tuanya akan terhindar dari stres dan cemas. Memeluk anak akan juga berguna untuk melepas zat kimia tertentu pada otak yang akan meningkatkan kebahagiaan dan menurunkan hormon stres pada anak.

 Menambah kecerdasan anak.
Memeluk merupakan sentuhan fisik yang menjadi stimulasi penting untuk menumbuhkan otak yang sehat dan kuat. Otak anak yang sering dipeluk akan lebih berkembang jika dibandingkan dengan anak yang jarang dipeluk. Sebuah studi menemukan bahwa hanya sentuhan seperti pelukan yang lembut yang bisa memberikan stimulasi positif yang dibutuhkan otak untuk tumbuh dengan sehat. Walaupun bukan berarti meningkatkan IQ anak, pelukan orang tua bisa memaksimalkan cara kerja serta perilaku anak.

Meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh anak
Memeluk anak memicu pelepasan oksitosin, atau yang dikenal juga dengan hormon cinta. Hormon ini memiliki banyak efek penting untuk anak. Kenaikan kadar oksitosin bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh anak dan menurunkan kadar hormon tiroid dalam plasma yang menyebabkan luka sembuh lebih cepat. Berpelukan juga bermanfaat untuk membawa sistem saraf anak ke keadaan seimbang dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka.

Meredakan tantrum.
Banyak psikolog menyarankan saat anak tantrum itulah saatnya pelukan bekerja. Ia akan meredam emosi si anak dan memberikan rasa tenang padanya.

Anak mempunyai rasa kasih sayang
Ia terbiasa dipeluk dan ditenangkan.maka ia akan berusaha menenangkan orang disekitarnya.Dan Ia akan berusaha berbagi kebahagiaan.

Menciptakan hubungan yang lebih erat antara orang tua dan anak.
Pastinya anak menganggap orang tua adalah tempat terbaik dalam memberi dan menerima kasih sayang.Ia juga akan selalu berusaha terbuka dan berbagi suka maupun duka pada orangtuanya.



Wah, dampak positif dari pelukan sangat banyak ya.

Jadi apa salahnya meluangkan 20-30 detik setiap harinya untuk memeluk sikecil dan menciumnya.

Jangan lupa selalu berikan sikecil kebutuhan nutrisi hariannya agar selalu tercukupi dengan memberikan SGM Eksplor 2x sehari. Juga berikan buah dan sayur selalu.


Semoga kita selalu sehat dan berbahagia ya...

Salam hangat.

Julyanidar
#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju

Komentar

Postingan Populer