Serba- serbi menjadi Wanita: Beberapa Makanan yang Wajib di hindari oleh Ibu Hamjl

Beberapa Makanan Yang Wajib dihindari Oleh Ibu Hamil. 





Jadi teringat kembali saat pertama kali dinyatakan hamil oleh dokter kandungan. Rasanya campur aduk mak...

Serasa tak percaya tapi bahagia sekali.  Akhirnya penantian setengah tahun yang sebenernya gak terlalu lama tapi cukup buat deg degan kalau dengar pertanyaan orang - orang.  Hehehe


Sepulang dari dokter suami langsung berubah... Bukan jadi Ultraman atau Superman yak. Tapi lebih perhatian dan hati-hati menghadapi saya.

Secara bumil terkenal baperan dan cengeng ahahahha.

Dan menyangkut soal makanan adalah hal pertama yang diwanti-wanti oleh pak suami.

Beberapa makanan yang dihindari saat hamil yang sangat jelas sekali dikatakan oleh dokter adalah:

• Hindari makanan mentah
Penggemar shushi harus puasa dahulu ya makan shushi nya. Karna seperti yang kita tahu daging ikan yang ada pada shushi tidaklah melalui proses dimasak dan benar-benar menggunakan ikan mentah. Bagi Bumil makanan ini wajib dihindari karna khawatir daging ikan maupun daging lainnya yang tidak melalui proses memasak masih menyimpan parasit Toksoplasmosis yang berbahaya bagi janin.  Hal ini juga berlaku bagi sate dan steak ya.

• Hindari olahan susu tanpa proses pasteurisasi.
Proses pasteurisasi adalah proses pemanasan makanan dengan suhu tertentu guna membunuh beberapa jenis NU patogen yang berbahaya. Hindari olahan susu yang tidak dipasteurisasi karna dikhawatirkan mengandung bakteri listeria yang dapat memicu keracunan dan penyakit lainnya. Jadi boleh saja makan keju dan susu asal belilah keju yg sudah dikemas dan higienis ya mak.

• Sayur mentah yang tidak dicuci bersih
Boleh saja makan sayuran dan buah yang mentah asalkan kita benar-benar yakin sudah mencucinya hingga bersih dan bebas pestisida.

• Buah durian.
Banyak yang masih ragu apakah makan buah durian dapat membahayakan bumil merupakan mitos atau fakta?
Jawabannya : bisa saja jika dimakan berlebihan. Karna durian mengandung asam arachidonat dan alkohol yang dapat menyebabkan keguguran. Boleh saja makan durian tetapi hanya untuk mengobati rasa ingin saja dan mempertimbangkan kondisi bumil sendiri

• Seafood
Makanan laut memang banyak mengandung protein yang dibutuhkan tubuh tetapi beberapa jenis ikan juga ada yang memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Seperti ikan todak, ikan hiu, ikan tilefish dan ikan dengan ukuran besar.karena semakin besar ikan makan semakin banyak kadar merkuri di ikan tersebut.dan yang perlu diingat, hindari memakan ikan tanpa melalui proses masak hingga matang.

 •pepaya mentah
Kenapa?  Karna pepaya yang masih dalam keadaan mentah masih banyak mengandung lateks yang dapat membahayakan janin. Kalau ada yang matang kenapa pilih pepaya mentah ya mak? Kandungan vitamin di buahnya juga lebih tinggi pada saat matang.


Jadi. Kalau beberapa makanan diatas merupakan makanan kesukaan kita. Ada baiknya dihindari selama proses kehamilan.

Nah,  sedikit cerita saya untuk bumil di seluruh Indonesia ya. 
Semoga sehat selalu sampai lahiran.
Aamiin



Salam sayang 💕
Julyanidar
Mahmud Abbas
#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju






Komentar

Postingan Populer