Serba - Serbi Menjadi Ibu: Ketika Si Kecil Punya Hewan Peliharaan.

Ketika Si Kecil Punya Hewan Peliharaan.

Boleh kah?
Apakah ada manfaatnya? 



Ketika kita masih kecil dahulu,  pastinya kita senang bermain diluar dengan teman maupun bermain didalam rumah dengan saudara.

Tapi tidak jarang juga kita punya hewan peliharaan yang secara sengaja maupun tidak sengaja sering singgah dan akhirnya menetap dirumah.

Seringnya sih, kucing ya. Karna populasi kucing yang memang banyak, kucing juga hewan yang mudah jinak dan pastinya lucu.

Banyak juga orang tua yang tidak setuju jika anaknya membawa teman kecil ini kerumah.

Alasannya takut membawa penyakit dan juga dapat melukai si anak.

Padahal,  manfaat si kecil punya hewan peliharaan juga banyak loh.

• Membantu anak belajar.

Anak akan merasa rileks saat ditemani oleh hewan peliharaannya saat belajar dirumah.


• Menjaga kesehatan anak.

 Kok bisa? Seorang dokter anak bernama Dennis Ownby, MD. memberikan teori:  bahwa anak yang memiliki hewan peliharaan mengalami penurunan resiko anak terkena alergi tertentu. Menurut teorinya,  hewan peliharaan kerap menjilat pemiliknya. Dimana saat menjilat hewan mentransfer bakteri yang hidup di mulutnya. Dan bakteri itu dapat mengubah cara sistem kekebalan tubuh anak untuk merespon alergen lainnya.

• Menurunkan tingkat stress.
Dengan memiliki hewan peliharaan anak akan merasa terhibur saat bermain,  maupun membelai lembut si hewan peliharaan.

• Mengajarkan rasa tanggung jawab, kasih sayang,  dan kepedulian.

Pastinya anak akan teratur memberikan makan, dan mengajak bermain hewan peliharaannya.  Secara tidak langsung ia belajar tanggung jawab dan mempunyai rasa sayang terhadap peliharaannya.

• Mempererat hubungan dengan keluarga.

Saat bermain dengan hewan peliharaan,  tidak jarang anggota keluarga lain ikut terlibat karna melihat kelucuan kucing maupun anjing peliharaan mereka. Maka secara tidak disadari akan menambah keakraban antar anggota kekuarga.


Nah,  jadi tidak usah takut untuk memberikan izin si kecil punya hewan peliharaan. Dengan syarat,  hewan tersebut bersih,  diberi vitamin dan divaksin. Dan juga jangan lupa memberikan komitmen pada si kecil untuk bertanggung jawab penuh dengan hewan peliharaannya.





Salam sayang 💕

Mahmud Abbas
Mamah muda anak baru satu


Julyanidar
#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju


Komentar

Postingan Populer