Manfaat Bernyanyi Untuk Sikecil

Manfaat Bernyanyi Untuk Anak



Sikecil senang bersenandung? Bahkan sering kali terdengar bernyanyi dengan lirik karangan sendiri?

Berarti sikecil termasuk anak yang kreatif dan pintar.



Karena Musik dapat membantu meningkatkan perkembangan sosial, intelektual, emosional, kemampuan motorik dan bahasa pada anak. Musik juga penting untuk membantu keseimbangan perkembangan tubuh dan pikiran. Oleh karena itu, anak TK, anak playgroup atau preschool perlu diajarkan menyanyi.
Selain yang telah disebutkan tadi, menyanyi dan mendengarkan musik membawa manfaat sebagai berikut:
Menyanyi dapat menjadi ajang sosialisasi.
Menyanyi pada anak preschool dan anak TK dapat memberikan pengalaman baru bagi mereka. Menyanyi yang dilakukanbersama-sama di sekolah dapat membantu mereka berkolaborasi, berbagi, serta meningkatkan kreativitas dan kemampuan konsentrasi. Menyanyi juga dapat mempermudah anak memasuki lingkungan baru sekolah dan membuat mereka tidak merasa asing dengan teman-teman barunya.

Menyanyi Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Menyanyi juga terbukti dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak. Anak merasa memiliki kemampuan untuk dibanggakan dan ditunjukkan kepada orang lain. Saat mereka berhasil menyelesaikan sepotong lagu dan mendapat tanggapan yang positif dari orang tua atau guru, kepercayaan diri mereka akan semakin meningkat.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyanyi dan mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan kecerdasan emosi pada anak. Anak belajar tentang emosi yang terdapat di dalam lagu. Hal ini membantu anak lebih mudah berespons, empati, dan lebih fleksibel. Daftar lagu anak-anak yang diajarkan di sekolah TK dan preschooltidak jarang juga mengandung nilai-nilai norma yang perlu dipahami anak. Hal ini dapat membantu anak membedakan hal baik dan buruk, serta membantu anak belajar kebiasaan baik. Kebiasaan baik yang ditanamkan sejak kecil sangat bermanfaat bagi kecerdasan emosi dan pembentukan karakter anak di masa depan.

Menyanyi Dapat Menstimulasi Perkembangan Otak


Untaian nada yang terdapat di dalam lagu dan musik dapat membantu meningkatkan kemampuan otak terutama dalam hal mengingat dan konsentrasi. Rangkaian musik tertentu seperti Mozart bahkan dapat membantu menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan kiri sehingga perkembangan otak anak dapat berlangsung secara optimal. Selain itu, alunan nada yang masuk ke dalam otak juga dapat membantu meningkatkan kemampuan menyimpan memori pada anak.

Jadi biarkan sikecil berekspresi dengan menyanyi dan menari.

Jangan lupa selalu berikan kebutuhan Nutrisinya agar dapat terus menunjang tumbuh kembang sikecil. Seperti susu SGM Eksplor minimal 2x sehari.

Salam hangat
Julyanidar
#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju


Komentar

Postingan Populer