Melibatkan Anak Dalam Pekerjaan Rumah

Melibatkan Anak Dalam Pekerjaan Rumah.



Membaca judul diatas mungkin masih menjadi pro kontra dalam rumus mendidik anak.

Menurut saya pribadi mengerjakan pekerjaan rumah bukanlah sebuah beban bagi anak.malah mempunyai dampak positif bagi perkembangan anak. Kelak anak terbiasa melakukan pekerjaan rumah untuk membantu si Ibu dengan senang hati.
Menciptakan hubungan semakin erat antar anggota keluar jika dikerjakan bersama.




Selain menjadikan anak sebagai pribadi yang rapi. Melibatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga juga akan memberi dampak positif seperti:
- Rasa tanggung jawab
Anak yang terbiasa melakukan pekerjaan rumah akan merasa mempunyai tanggung jawab penuh atas pekerjaannya.

- Mandiri
Kita tidak akan ragu melepaskan anak untuk kuliah maupun bekerja diluar kota dan tinggal terpisah dengan kita saat dewasa nanti.karna ia terbiasa melakukan pekerjaan rumah dan mengurus diri sendiri.

- Sopan ketika bertamu
Sepertinya sepele.tetapi ini memang berdampak pada anak yang sering melakukan pekerjaan rumah bersama ibunya.karna ia menyadari setelah bermain ia harus merapikan mainannya seperti yang dilakukan ibunya. Maka ketika ia sedang berada dirumah orang lain,ia akan menjadi orang yang sangat berhati-hati.

Untuk membiasakannya tidak harus langsung menyuruh ini dan itu layaknya menyuruh orang dewasa ya. Pentingnya menirukan hal yang baik pada anak dengan memberi contoh terlebih dahulu.

Dimulai dari hal kecil, seperti mebereskan kotak mainan ketika selesai bermain, menyapu sisa makanan yang berserakan, merapikan tempat tidur bersama ibu ketika baru bangun tidur. Secara perlahan anak akan meningkatkan kemampuan diri.

Tentunya kita sebagai orang tua masih berkewajiban mengawasi.
Dan jangan lupa untuk sesekali memuji hasil kerja sikecil agar ia semakin semangat melakukan hal positif.

Untuk itu jangan lupa juga berikan asupan nutrisi penting sikecil dengan memberikan Susu SGM Eksplor agar anak tetap tumbuh sehat,kuat, cerdas kreatif, supel dan mandiri selalu.

#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju

Salam sayang
Julyanidar😍

Komentar

Postingan Populer