Serba-serbi Menjadi Wanita: Tips Mengurangi Mual Saat Hamil muda.

Tips Mengurangi Mual Saat Hamil Muda







Sedang hamil muda, mak?

Pasti identik dengan morning sickness ya.

Saya juga merasakan selama kurang lebih 5 bulan. Dan anehnya tidak ingin melihat nasi selama 5 bulan full.

Tapi pastinya saat hamil hal yang dirasakan adalah bahagia.
Baiknya sih kita mensugestikan diri agar saat hamil tidak dijadikan beban. Tapi inilah sesungguhnya nikmat yang tidak dirasakan lelaki. Hihihi.

Tapi tidak menyangkal pada saat morning sickness itu serasa sangat berat. Apalagi berlanjut sampai ke malam harinya. Ampun dije...


Nah, saya punya beberapa tips agar rasa mual saat hamil sedikit berkurang.

• Makan sedikit demi sedikit tetapi sesering mungkin.

 Pastinya kita tau saat hamil kita punya kewajiban mencukupi nutrisi untuk 2 orang sekaligus. Yaitu si Ibu dan Si janin. Maka asupan makanan dan minuman yang bergizi wajib ada saat masa hamil. Apalagi di bulan pertama hingga ke empat.



• Menghindari makanan yang dapat memicu mual.
Bawang- bawangan,  kol/ kubis, dan beberapa makanan dengan aroma menyengat disarankan tidak dikonsumsi saat hamil. Karna dapat memicu rasa mual semakin parah.


• Minumlah susu khusus Ibu hamil yang beraroma buah.

Ini manjurloh,  Mak. Saya gonta ganti susu hamil tapi akhirnya jatuh cinta sama SGM Bunda Rasa Jeruk. Serasa gak minum susu. Karna kebanyakan susu hamil malah terasa lebih eneg menurut saya. Apalagi yang rasa coklat ( tapi gak semua bumil merasakan demikian ya.)


• Hindari stress.
Pastinya,  Ibu hamil haruslah bahagia. Agar anak juga tenang dan ikut merasakan kebahagiaan si Ibu.




• Makan buah-buahan yang segar.

Kenapa Ibu hamil suka buah yang sedikit masam?  Karna buah-buahan ini dapat memicu selera makan setelah disantap. Rasa mual sedikit berkurang. Beberapa buah yang baik dikonsumsi saat hamil adalah pisang,  semangka, pepaya, alpukat dan buah yang sekiranya diinginkan si Ibu.

• Istirahatlah yang cukup.

Kita butuh tenaga ekstra saat sedang mengandung.  Bayangkan saja jika bobot tubuh yang bisa bertambah 10-20 kg saat hamil. Maka kita juga butuh tenaga ekstra agar bisa bergerak bebas saat hamil.
Layaknya harus punya tenaga saat menghadapi kenyataan ya. Hehehe




Tapi apapun kendala saat hamil. Mari berfikiran positif dan selalu merasa sangat beruntung karna bisa mengandung. Karna jerih payah dan kesusahan kita akan terbayarkan dengan lahirnya anak yang sehat dan lucu. Duh...  Jadi pengen nambah lagi deh 😂.


Semoga para  Ibu hamil di Indonesia sehat selalu dan lancar sampai lahiran.  Aamiin



Salam sayang 💕
Mahmud Abbas
Mamah muda anak baru satu
#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju






Komentar

Postingan Populer